Kamis, 22 Oktober 2015

Pengantar Teknologi Informasi - Bagaimana Internet Bekerja?


Sebelum membahas bagaimana internet bekerja, internet membutuhkan beberapa tools sebagai berikut:
  • TCP Paket (Transmisi Control protokol), yaitu tools yang digunakan untuk menyertakan nomor seri (sequence number) pada setiap paket data.
  •  ICMP Ping Paket, bertugas mengirim pesan kesalahan.
  • UDP Packekt adalah lapisan transpor untuk mendukung komunikasi.
  • Router merupaka tools yang dibutuhkan pada proses routing yaitu proses pengiriman data maupun informasi dengan meneruskan paket data yang dikirim dari jaringan satu ke jaringan lainnya.
  • Ping of death berfungsi mengecek waktu yang aka diperlukan untuk mengirim data tertentu dari satu komputer ke komputer lainnnya.
  • Router switch  sebagai manajemen lalu lintas dan jaringan agar dapat mempercepat pengiriman
Bagaimana Komputer Bekerja ???

Kita tidak pernah tahu apa yang terjadi ketika kita meng-klik suatu halaman atau link. Saat user meng-klik suatu halam atau link, pertama-tama pesan yang berupa teks harus diterjemahkan dan dibagi menjadi beberapa paket yang memiliki kapasitas tertentu. Kemudian paket-paket tersebut diberikan label/ port oleh TCP agar tahu tujuan dari paket" tersebut beserta program apa yang akan menerima pesan tersebut.

Selanjutnya, pesan tersebut dikirim ke lalu lintas sistem. Pada lalu lintas tersebut paket-paket data akan diambil dan dihubungkan ke alamat yang dituju dengan bantuan router switch. Ketika paket-paket tersebut sampai, interface akan mengambil paket-paket tersebut untuk kemudian  dimasukkan ke dalam proxy. Pada bagian ini alamat yang dituju akan difilter, dan jika alamat yang dituju tidak baik, maka akan dihancurkan.

Ketika paket sampai pada tahap selanjutnya, paket akan dibuka untuk mengatahui tujuan paket dan memberikan mekanisme. Pada bagian farewell setelah difilter untuk ke-2 kalinya, header paket-paket akan didefinisikan untuk kemudian diambil oleh router ke-2 untuk dipilah dan diarahkan ke alamat tujuannya. Dan akhirnya para paket data masuk kejaringan internet agar permintaan para user dapat dikirim.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar