Rabu, 07 Oktober 2015

Pengantar Teknologi Informasi - Tugas Individu Kelompok 5 - Sistem Storage (Media Penyimpanan)



Apa itu Media Penyimpanan?

Media penyimpanan atau yang biasa disebut media penyimpanan sekunder adalah bahan fisik yang di dalamnya tersimpan data, perintah, dan informasi komputer. Contoh-contoh media penyimpanan adalah hard disk, solid state drive, memory card, USB flash drive, modul Expresscard, cakram optik, smard card, dan microfilm. Masing-masig media penyimpanan pasti memiliki kapasitas yang beragam. Kapasitas adalah jumlah byte (karakter) yang dapat disimpan oleh suatu media penyimpanan. Berikut adalah istilah-istilah media penyimpanan. 

Media Penyimpanan VS Memori

Pada dasarnya yang membedakan media penyimpanan dan memori terletak pada kapasitas penyimpanannya. Selain itu, memori sudah terintegrasi dengan suatu sistem, sedangakan tidak untuk sistem storage. Data yang ada di dalam media penyimpanan akan tetap utuh sekali pun komputer kehilangan daya. Karena itu, media penyimpanan disebut nonvolatil. Hal ini berlawanan dengan memori yang bergantung pada daya. 




Disisi lain kita pun harus mengenal istilah perangkat penyimpanan, yaitu perangkat keras komputer yang menyimpan dan mengambil informasi dari memori ke suatu media penyimpanan. Dalam proses kerjanya terdapat dua proses yaitu:
  1. Penulisan : Proses mengirimkan data, perintah dan informasi dari memori ke suatu media penyimpanan. 
  2. Pembacaan : Proses mengambil kembali hal-hal tersebut dari suatu media penyimapanan kepada memori.

Hard Disk

Merupakan suatu perangkat penyimpanan berisi satu atau lebih plat lingkaran keras yang menggunakan partikel-partikel magnetik untuk menyimpan data, perintah, dan informasi. Beberapa tahun lalu metode penyimpanan pada hard disk berupa perekaman longitudinal, yaitu menyejajarkan partikel-partikel magnet secara horizontal disekililing permukaan cakram. Sebaliknya, dengan perekaman tegak lurus dengan  menyejajarkan partikel-partikel magnetik secara vertikal atau tegak lurus menjadikan tempat menyimpan data jauh lebih banyak.



Karakteristik Hard Disk

Karakteristik suatu hard disk termasuk :
  1. Kapasitas (jumlah byte yang dapat disimpan oleh media penyimpanan)
  2. Plat (terbuat dari alumunium,kaca atau keramik)  
  3. Head baca/tulis (mekanisme yang membaca dan menulis informasi ke dalam drive tanpa menyentuh permukaan rekam dari hard disk)
  4. Silinder
  5. Sektor(Lokasi penyimpana hard disk terdiri atas bagian-bagian berbentuk potongan-potongan kue yang terpecah menjadi lengkungan busur kecil)
  6. Jalur(pita pencatatan berukuran sempit yang membentuk lingkaran penuh pada permukaan hard disk) 
  7.  Putaran per menit (perputaran plat selama satu menit)
  8. Kecepatan transfer (kecepatan dimena data, perintah dan informasi didindahkan dari dan ke perangkat)
  9. Waktu akses (perangakat penyimpanan untuk mengetahui lokasi suatu data pada suatu media penyimpanan atau lama waktu yang dibutuhkan untuk memindahkan data dari memori ke propesor).

RAID (Reduntdant Array of Independent Disk) 

Raid merupakan solusi penyimpana ideal bagi para pengguna yang harus selalu memiliki akses terhadap data saat mereka membutuhkannya, karena raid merupakan kelompok dua atau lebih hard disk yang terintegrasi.


NAS (Network Attached Storage)

Perangkat NAS merupakan media penyimpanan terhubung ke jaringan dengan tujuan menyediakan penyimpanan. NAS biasanya menggunakan konfigurasi RAID.



Hard Disk External dan Hard Disk Removable

Hard disk eksternal adalah hard disk yang berdiri sendiri, terhubung dengan komputer menggunakan tabel ke port USB, port Fire Wire atau secara nirkabel.  Hard disk removable adalah hard disk yang anda masukkan dan keluarkan dari suatu drive. Beberapa keunggulan hard disk removable :
1.       Dapat membawa banyak file
2.       Menjadi media penyimpanan atau bahkan cadangan seluruh hard disk
3.       Menyimpan file audio atau video berukuran besar dengan mudah
4.       Mengamankan data anda
5.       Menambah kapasitas dalam komputer
6.       Menambah kapasitas penyimpanan dalam komputer dekstop tanpa harus membuka unit tersebut

Penyimpanan Flash Memory

Adalah jenis memori nonvolatile yang dapat dihapus atau ditulis ulang secara elektronik. Flash memori terdiri dari atas komponen-komponen elektrik seperti IC dan tidak berisi komponen yang bergerak sehingga memori kuat dan tahan guncangan. Jenis-jenis flash memori :
  • Solid State Drive (SSD)
    Perangkat ini umumnya menggunakan flash memori untuk menyimpan data, perintah dan infosmasi. Keunggulannya :
    1. Waktu akses 80X lebih cepat dari hard disk
    2. Kecepatan transfer lebih cepat
    3. Menghasilkan panas lebih sedikit
    4. Memiliki umur yang panjang hingga 50 tahunv
  • Memory card
    Memory card adalah perangkat flash memory yang dapat dipindahkan. Memiliki kecepatan beragam dan umumnya berumur panjang, sekitar 10-100 tahun. Umumnya tinggi dan lebarmemory card tidak lebih dari 1,5 inci.
  • USB Flash DriveUSB Flash Drive/ Thumb drive adalah perangkat penyimpanan flash memory yang disambungkan ke port USB pada komputer atau perangkat lainnya. USB Flash Drive saat ini memiliki kecepatan transfer sekitar 12 MBps dan penyimpanan beragam, sekitar 512-100 GB.
  • Modul ExpressCardAdalah perangkat portabel dan dapat dimasukkan ke dalam slot ExpressCard. Modul ExpressCard digunakan sebagai tambahan memory, penyimpanan, komunikasi, multemedia dan keamanan komputer.


Cloud Storage

Cloud Storage adalah suatu layanan yang disediakan di web bagi para pengguna komputer untuk menyimpan data mereka di internet. Beberapa alasan mengapa pengguna menggunakan Cloud Storage adalah :
  • Untuk mengakses file-file internet dari komputer atau peralatan apapun yang memiliki akses internet.
  • Menyimpan file, audio maupun video yang berukuran besar.
  • Memungkinkan orang-orang untuk mengakses file-file di internet.
  • Melihat data dan gambar yang kritis dari segi waktu pada saat itu juga sementara mereka sedang berada di tempat lain.
  • Untuk back up data di luat kantor
  • Sebagai pusat data

Cakram Optik

Cakram optik adalah sejenis media penyimpanan optikyang terdiri atas suatu cakram portable, bulat dan pipih yang terbuat dari logam, plastik dan pelapis yang dibaca dan ditulis menggunakan laser. Biasanya digunakan untuk menyimpan peranti lunak, data, foto digital, film dan musik. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dlam rangka perawatan cakram optik yaitu :
  1. Jangan membengkokkan cakram, karena dapat mematahkan cakram
  2. Jangan biarkan cakram terpapar kelembapan, setting suhu antara 50 hingga 70 derajat farenheit.
  3. Jangan menumpuk laptop
  4. Simpan di tempat khusus secara vertikal.



Jenis-jenis Cakram Optik

1.       CD ROM (Compact Disc Read Only Memory)
Merupakan sejenis cakram data yang dapat dibaca tetapi tidak dapat ditulis atau dihapus isinya. Selain itu terdapat CD ROM drive orisinil, yaitu drive berkecepatan tinggi dengan kecepatan transfer 150kbps.

2.       CD-R dan CD-RW
CD-R (compact disc recordable) adalah suatu cakram optik mutisesi yang dapat kita tulisi, tetapi tidak dapat dihapus. Sedangkan CD-RW (compact disc-rewrite) adalah suatu cakram optik multisesi yang dapat dihapus dan dapat ditulisi beberapa kali.


3.       Archieve Disc dan Picture CD
Archieve Disc menyimpan foto-foto dari pusat fotro online ke dalam format .jpg biasanya dengan resolusi maksimum 7.200 pixel per foto. Picture CD adalah sejenis cakram sesi tunggal yang menyimpan satu role film versi digital dalam format file .jpg dengan resolusi rendah.

4.       Cakram DVD dan Blu-ray
DVD ROM (Digital versatile disc-red-only memory) adlah suatu cakram optik berkapasitas sangat tinggi yang dapat kita baca tetapi tidak dapat kita tulid atau hapus. Sedangkan Blu-ray sendiri adalah format DVD yang lebih baru dan lebih mahal, serta kapasitas dan kualitasnya lebih baik dari DVD.

5.       DVD Recordable dan Rewritable
DVD-R (Digital versatile disc recordable) adalah suatu cakram optik mutisesi yang dapat kita tulisi, tetapi tidak dapat dihapus. Sedangkan DVD-RW (Digital versatile disc -rewrite) adalah suatu cakram optik multisesi yang dapat dihapus dan dapat ditulisi beberapa kali.

Jenis Penyimpanan Lain

  • TapeTape adalah suatu pita berlapis magnet dari plastik yang dapat menyimpan data dalam jumlah besar dengan harga murah.Tape drive membaca dan menulia data serta informasi pada tape, sama halnya dengan perekam tape.

  • Magnetic Stripe Card dan Smart CardMagnetic Stripe Card adalah kartu kredit, kartu hiburan, kartu bank, atau kartu serupa yang menggunakan strip berisi informasi pengenal anda dan pengenal kartu. Untuk Smart card sendiri berguna sebagai penyimpan data medis, data vaksinasi, dan informasi kesehatan atau identifikasi lainnya.

  • Mikrofilm dan MicroficheMikrofilm adalah suatu rol film sepanjang 100 hingga 215 kaki, sedangkan microfiche adalah lembaran film yang kecil, biasanya 4 x 6 inci. Keuntungan yang kita dapat adalah mengurangi jumlah kertas yang digunakan, selain murah dan tahan lama.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar