Sabtu, 12 Desember 2015

Pengantar Teknologi informasi - Top Influential People In Computer Science

Steve Jobs


Maestro teknologi, begitulah panggilan kehormatan yang diberikan orang-orang kepadanya. Keberhasilannya mendirikan perusahaan Apple Computer menorehkan sejarah panjang kegigihannya. Bertempat di garasi rumah keluarganya, bersama Steve Wozniak ia mulai menciptakan komputer pribadi yang diberi nama Apple I pada tahun 1976. Tahun berikutnya, mereka menerbitkan Apple II yang sangat laku dipasaran. Hingga akhirnya mereka memutuskan untuk mendaftarkan Apple ke bursa efek yang diikuti dengan kesuksesan pada penawaran saham awal. Cerita selanjutnya seperti yang sudah kita ketahui, Apple mulai menguasai teknologi dan menjadi salah satu perusahaan besar. Seiring dengan kesuksesan Apple, Steve Jobs menggaet John Sculley (sebelumnya di coca cola) untuk menjadi pemimpin dari Apple.



Setelah bergabungnya John Sculley, tahun 1984 menjadi tahunnya Macintosh, komputer pertama yang menghadirkan fitur antarmuka pengguna grafis yang hingga sampai saat ini masih bertahan. Selang satu tahun, Steve Jobs dikeluarkan dari Apple oleh John Sculley sendiri karena sifat keras kepalanya yang akhirnya merugikan Apple. Berhenti dari Apple tidak menyurutkan keinginan pria kelahiran 24 februari 1955 ini untuk berkarya. NExt menjadi perusahaan kedua yang dibangun oleh Jobs dengan teknologi yang sangat maju. Oleh karena itu NExt tidak banyak digunakan umum melainkan untuk mengembangkan ilmu komputer seperti penelitian dan sebagainya.

Pada tahun 1996, Apple membeli NExt dan membawa Steve Jobs kembali. Itulah mengapa banyak teknologi NExt yang diterapkan di Apple. DIbawah bimbingan Jobs, Apple kembali meningkatkan penjualannya dengan memperkenalkan iMac. iMac menjadi produk Apple yang mengedepankan penampilan hingga Apple menjadi merek terkenal yang berpenampilan menarik.Ipod selanjutnya menjadi produk Apple yang diterbitkan pada 2001 yang 6 tahun kemudian disusul oleh Iphone. Setahun sebelum sepeninggalnya, Steve Jobs menggemparkan dunia dengan merilis Ipad.





Jika diantara kalian ada yang menyukai film-film PIxar seperti Finding Nemo, The Increadibles, Toy Story, dll, kalian harus tahu siapa orang dibalik kesuksesan studio animasi tersebut. Bahkan Jobs disebut-sebut menjadi calon pengganti Michael Eisner sebagai pemimpin dari The Walt Disney Company. Jadi tidak heran, JObs menjadi hasil pencarian nomor satu orang yang berpengaruh terhadap perkembangan teknologi.

Tim Berners Lee

Keinginannya untuk memudahkan para peneliti di tempat ia bekerja yaitu CERN(Organisasi penelitian nuklir di Eropa) untuk saling berbagi informasi, menjadi titik awal munculnya WWW(World Wide Web). Awalnya Lee bukanlah seorang ahli IT, melainkan hanya seorang kontraktor lepas yang tidak menekuni suatu bidang khusus. Karena ide nya diterima, lahirlah Enquire (Enquire Within Upon Everything). Tanpa disangka, karyanya berkembang pesat beringingan dengan internet.

Dengan pesatnya perkembangan itu, Lee memutuskan meninggalkan CERN dan bergabung dengan John Poole’s (Image Computer Systems Ltd) yang masih dibawah naungan NExtSTEP. Disinilah pertama kalinya istilah WWW dicetuskan dengan didukung web server httpd. Dan untuk mengujinya Lee membuat situs pertama pada 6 Agustus 1991 yang beralamatkan http://info.cern.ch/ dan di luncurkan untuk bisa diakses secara online, setelah itu Lee juga meluncurkan browsernya. 

Namun belum banyak yang mengetahui dan menggunakan karya Lee tersebut. Hingga saat ada seseorang yang bernama Marc Andressen mendirikan Netscape, pada saat itu pula Internet dan WWW banyak digunakan sehingga berkembang sangat pesat. Puncak prestasi Lee sendiri ialah pada 16 Juli 2004. Ratu Elisabeth II memberikan Gelar atas jasa-jasanya karena seperti yang kita ketahui, karya yang sudah ia kembangkan tidak ia patenkan hingga dapat digunakan secara bebas dan gratis.


 Tentu kesuksesan yang ia raih memiliki cerita panjang di belakanganya. Lee merupakan seorang anak yang dididik berpikir kreatif oleh orangtuanya. Saat kecil ia sering bermain dengan bilangan imajiner. Ketika semasa kuliahpun, ia sudah bisa merakit komputer sendiri dan barang-barang elektronik. Dan pelajaran yang sangat menyenangkan menurutnya adalah fisika. 

Hingga saat Pusat dari pengembangan WWW sendiri berada di Massachusetts Institute of Technology yang memiliki 400 anggota dan 40 staf yang tersebar diseluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar