Jumat, 25 Desember 2015

Pengantar Teknologi dan Informasi - IT Literacy


  1. Offline Blogging (BlogJet3)
    Keinginan untuk berbagi informasi merupakan salah satu sifat yang dimiliki oleh manusia. Dengan adanya internet, keinginan itu dapat tersalur dengan mudah. Berbagai media sosial merupakan salah satu jalan yang paling ampuh. Terlebih bagi mereka yang suka menulis, entah itu karya fiksi, ilmiah maupun gambar dan video, semua dapat kita publikasikan dengan hanya satu kali klik.

    Salah satu media yang paling digemari oleh orang-orang adalah blog. Ada banyak versi blog yang ditawarkan, mulai dari Blogger, Wordpress, Live journal dan lain-lain. Dengan media tersebut, kapanpun kita mendapatkan inspirasi dan ingin menuliskan ide itu, dimanapun, kita dapat berbagi hal tersebut. Namun dengan satu syarat, yaitu koneksi internet. Lalu bagaimana jika kita mendapat inspirasi namun pada saat itu kita tidak memiliki koneksi internet?

    Untuk itulah, hadir begitu banyak aplikasi offline Blogging. Dengan aplikasi tersebut, kita dapat menyimpan tulisan dan ide kita ketika kita tidak  memiliki koneksi internet. Nah, ketika kalian menemukan koneksi internet, aplikasi tersebut akan mengupload tulisan ataupun ide kita ke blog.



    Aplikasi offline blogging yang saya gunakan adalah Blogjet3. Aplikasi ini mudah digunakan dan sangat akan membantu ketika koneksi internet tidak ada.
  2. RSS Reader (RSSOwl)
    Sebagai mahkluk sosial, kita membutuhkan informasi yang cukup agar dapat bertahan di dunia ini. Untuk berkomunikasi, kita membutuhkan keluasan pengetahuan agar dapat membuat suatu percakapan yang sinkron dengan orang lain. Untuk itu kita membutuhkan berita. Sekarang berita dapat kita dapatkan dari berbagai media. koran, televisi, internet merupaka contoh-contoh dari media tersebut.

    Namun, ketika kita membuka suatu situs berita, begitu banyak berita yang ditawarkan oleh situs tersebut. Dan kita tidak mungkin membaca semua berita tersebut. Dengan aplikasi RSS reader, kita dapat mengolah berita-berita tersebut. Berita mana yang harus kita baca, ataupun yang mana yang hanya perlu kita ketahui saja tanpa harus membaca detailnya.



    Aplikasi RSS Reader yang saya gunakan adalah RSSOwl. Aplikasi ini menampilkan semua judul-judul berita dari situs yang saya inginkan dengan memasukkan URL dari situs tersebut. Dengan begitu saya dapat memilah berita yang ingin saya baca. Sehingga waktu membaca berita menjadi efektif.
  3. Notes (Evernote)
    Sebagai manusia, kita memiliki kemampuan mengingat yang terbatas. Untuk itu kita perlu menuliskan hal-hal penting ke suatu notes ataupun buku. Namun dengan kecanggihan HandPhone sekarang, kita tidak lagi memerlukan pena ataupun buku untuk menuliskan hal-hal penting. Layanan notes telah menjadi pengganti dari binder yang kadang tidak dapat kita bawa kemana-mana.



    Notes yang saya gunakan adalah Evernote. Dengan notes ini, saya dapat menuliskan hal-hal penting seperti deadline tugas ataupun tugas itu sendiri agar aman. Karena terkadang jika kita tulis di selembar kertas ataupun buku, kita lupa dimana kita telah menulis tulisan tersebut. Ataupun ketika kita lupa membawa binder yang kita gunakan untuk mencatat hal-hal penting. Sehingga aplikasi ini sangat membantu.
  4. Cloud Storage (Google Drive)
    Pernahkah kalian kehilangan semua data karena komputermu rusak ataupun ketika instal ulang semua datamu hilang? Hal tersebut dikarenakan kita lupa untuk memback-up dokumen-dokumen kita ke tempat lain, seperti harddisk ataupun lainnya. Namun terkadang harddisk yang kita percayakan untuk memback-up dokumen-dokumen penting kita, juga mengalami masalah. Lalu bagaimana mengatasinya?

    Masalah itulah yang menggalang para ahli IT membuat sebuah penyimpanan dokumen di dalam internet atau yang kita sebut cloud storage. Berbagai macam cloud storage ditawarkan, seperti google drive, dropbox, mandeley dan lai-lain. Semua memiliki fungsi yang sama, yaitu utuk mengamankan atau menyimpan dokumen, foto atau bahkan video. Kita juga dapat berbagi dengan orang lain dengan memberikan alamat dari file tersebut.



    Cloud Storage yang saya gunakan untuk saat ini adalah google drive. Selain karena free dan mudah digunakan, google drive menawarkan memori yang lumayan besar untuk kita menyimpan dokumen-dokumen berharga kita. Kita hanya perlu memiliki akun gmail untuk menikmati layanan google ini.
  5. Time Management (aTimeLogge)
    Mengatur jadwal bukanlah suatu yang mudah. Waktu 24 jam dalam sehari bisa saja menjadi hal yang sia-sia, namun bisa juga menjadi sangat berharga. Semua itu tergantung dengan masing-masing individu yang memanfaatkannya. Dengan segala kemudahan yang ditawarkan oleh zaman ini, sepatutnya kita gunakan untuk hal-hal yang baik dan berguna untuk hidup kita. Sebagai manusia, kita membutuhkan waktu ibadah, makan, tidur, bekerja, belajar, bersosialisai, hiburan dan lainnya. untuk itu kita harus dapat memanage waktu sesuai dengan kebutuhan kita.




    Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi dapat kita lakukan dengan menggunakan aplikasi pengatur waktu. Di playstore sudah banyak tersedia aplikasi-aplikasi tersebut dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dengan mensetting aplikasi tersebut, kita dapat belajar mengatur waktu dengan maksimal. Aplikasi yang saya pakai adalah aTimeLogge. Dengan aplikasi ini kita dapat menghitung segala kegiatan kita. Dari hasil penghitungan itulah nantinya akan muncu laporan persentasi dari penggunaan waktu kita. Dengan begitu kita dapat mengoptimalkan waktu kita.
  6. Komunitas IT
    Ketika kita memiliki pertanyaan mengenai bidang keahlian kita dan kita tidak memiliki seseorang yang dapat ditanyakan, apa yang akan kalian lakukan? Mungkin ini bisa menjadi alternatif bagi kalian yang sering mendapatkan masalah dan membutuhakan jawaban segera. Alternatif tersebut adalah bergabung ke komunitas.


    Salah satu komunitas yang sangat terkenal di Indonesia adalah Kaskus. Disana kita bisa menanyakan apapun yang berkaitan dengan bidang kita. Kalian juga bisa berbgai pengalaman dan sharing disana. Bahkan beberapa dari mereka mmenawarkan pekerjaan yang sangat potensial. Dengan bergabung di komunitas, kita juga dapat memperbanyak link.
  7. Podcasting
    Mungkin dari kalian ada yang pernah pergi ke luar negeri dan berjalan-jalan dengan transportasi umum. Jika kalian perhatikan, hampir setiap orang di transportasi tersebut menggunakan earphone dan seperti sibuk dengan dunianya. Tetapi apakah kalian tahu apa yang mereka dengarkan?



    Menurut wikipedia, Podcast atau siaran web adalah serangkaian berkas media digital yang diterbitkan sewaktu-waktu dan sering di unduh melalui penyalur-sedia web. Jadi tidak ada salahnya kita ganti kebiasaan kita mendengarkan lagu dengan mulai mendengarkan siaran podcast yang sesuai dengan bidang keahlian kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar